| 0 Comments | 65 Views
Artikel ini merupakan resume dari buku yang berjudul Resilient Teachers, Resilient Schools: Building And Sustaining Quality In Testing Times
Resume ini hanya membahas 2 Bab yaitu
Perlu disadari bahwa mengajar adalah satu profesi yang paling menegangkan
Instrumen pengambilan data ketangguhan
Cara membangun Guru yang Tangguh
Kesimpulan
- Buku ini
memberikan tinjauan komprehensif tentang sifat ketangguhan guru, bagaimana
hal itu dapat dipelihara dan mengapa hal itu penting untuk peningkatan
kualitas dan standar sekolah. Hubungan antara self-efficacy, kesejahteraan,
komitmen, energi emosional, ketangguhan, pemimpin sekolah dan standar
pengajaran dan pembelajaran; dan bagaimana tempat kerja serta disposisi
pribadi mempengaruhi lintasan ketangguhan guru.
- Tangguh
bukanlah sifat psikologis tetapi kapasitas dinamis yang dipengaruhi
faktor-faktor sosial budaya, dan kapasitas tangguh dapat tumbuh atau
terkikis oleh ini. Kualitas ketangguhan guru membawa mereka ke pekerjaan
agar praktik pengajaran yang lebih baik' (Kennedy, 2010: 591).
- Tangguh
adalah konstruk yang tidak stabil (Rutter, 1990; Cicchetti, 1993; Masten
et al., 1999) yang melibatkan fungsi psikologis, perilaku dan kognitif
(akademis atau profesional) serta regulasi emosional (Greenberg, 2006;
Luthar dan Brown, 2007) dalam berbagai pengaturan pribadi, relasional dan
organisasi.
- Gagasan
tangguh berasal dari disiplin psikiatri dan psikologi perkembangan dari
perhatian karakteristik pribadi atau ciri-ciri untuk beradaptasi secara
positif dan berkembang
Leave a Comment