| 0 Comments | 455 Views


Transfer Learning merupakan salah satu konsep kunci dalam pendidikan dan teori pembelajaran. Transfer pembelajaran terjadi saat belajar dalam satu konteks atau dengan satu set tujuan kompetensi dalam konteks lain atau yang terkait materi lainnya. Misalnya, game belajar menyetir mobil membantu seseorang untuk belajar lebih cepat menyetir truk, belajar matematika mempersiapkan siswa untuk belajar fisika, belajar bergaul dengan saudara sendiri akan mempersiapkan interaksi yang lebih baik dengan orang lain dan pengalaman bermain catur mungkin bisa mengembangkan pemikiran  strategis dalam politik atau bisnis.  Konteks pembelajaran (kelas, buku latihan, tes, tugas sederhana yang efisien) jelas berbeda dalam aplikasi konteks pembelajaran (di rumah, di tempat kerja, tugas yang kompleks). Konsekuensi perbedaan tersebut mempengaruhi ketercapaian tujuan pendidikan dan pelatihannya melalui transfer.

Transfer menganggap kesemuanya lebih penting karena memang bukan hal yang biasa. Seringkali transfer dalam pengalaman belajar tidak terjadi. Dengan demikian, prospek dan kondisi transfer adalah isu penting untuk pendidikan sekolah dan orang dewasa.
1. Definisi Transfer
    1.1 Transfer versus pembelajaran biasa
Pembelajaran terjadi pada seseorang memberi arti bahwa orang tersebut akan dapat menampilkan pembelajaran itu nantinya. Bahkan untuk situasi lain yang ada unsur kemiripannya, terdapat beberapa perbedaan di hari lain atau fisik pengaturan. Jadi, tidak ada garis absolut yang bisa ditarik antara pembelajaran biasa dan transfer. Namun, transfer menjadi menarik sebagai sebuah fenomena psikologis dan pendidikan. Transfer tidak akan dianggap sebagai belajar biasa

Sebagai contoh seorang mahasiswa mungkin menunjukkan kemampuan tata bahasa tertentu pada tes bahasa Inggris (pembelajaran biasa) tapi tidak dalam pidato sehari-hari (transfer yang diharapkan), Siswa dapat memecahkan masalah di akhir bab pembelajaran biasa) namun tidak serupa masalah saat bersama dengan orang lain di akhir dari kursus (yang diharapkan untuk transfer). Dengan kata lain, pembicaraan tentang transfer secara implisit bersifat contrastive: ini mengasumsikan pembelajaran dalam konteks tertentu maka terdapat dampak di luar konteks itu.

1.2 Transfer Positif versus Negatif
Transfer positif terjadi saat belajar dalam satu konteks meningkatkan kinerja dalam beberapa konteks lainnya. Misalnya, pembicara dari satu bahasa merasa lebih mudah untuk belajar terkait dari bahasa kedua yang tidak terkait. Negatif Transfer terjadi saat belajar dalam satu konteks berdampak negatif pada kinerja yang lain. Sebagai contoh: kontras pengucapan, kosakata, dan sintaks. Meski umumnya transfer positif terkait bahasa tetapi beberapa hal menghasilkan sandungan untuk belajar konteks yang lain. Peserta didik biasanya mengasimilasi fonetik bahasa baru untuk menemukan pendekatan dalam bahasa ibu mereka dan menggunakan kata perintah dibawa dari bahasa ibu mereka. Negatif Transfer biasanya menyebabkan masalah hanya di awal belajar domain baru.  Dari sudut pandang pendidikan, pada umumnya perhatian utama adalah terjadinya transfer positif.

1.3. Transfer Dekat dengan jarak jauh
Transfer dekat mengacu pada transfer antar yang sangat mirip konteks. Seperti misalnya saat peserta didik jarak jauh menghadapi ujian, menghadapi campuran masalah dengan jenis yang sama mereka telah berlatih secara terpisah dalam pekerjaan rumah mereka, atau saat montir bengkel memperbaiki mesin. model mobil yang baru namun dengan desain yang sama seperti di model sebelumnya. Transfer jauh mengacu pada penampilan tampak jauh dan asing satu sama lain. Misalnya, pemain catur mungkin berlaku prinsip strategis dasar seperti "take control of the center" untuk praktik investasi, politik, kampanye  atau militer. Perlu dicatat bahwa "dekat" dan "jauh" adalah gagasan intuitif yang menolak kodifikasi yang tepat. Mereka berguna untuk secara luas mengkarakterisasi beberapa aspek transfer tapi tidak menyiratkan metrik yang ditentukan secara ketat "Kedekatan."

2. Prospek Transfer
Seperti disebutkan di atas, transfer sangat penting dalam teori belajar dan praktik pendidikan. Seringkali jenis transfer yang diharapkan tidak terjadi. Investigasi klasik dari fenomena ini adalah dilakukan oleh psikolog pendidikan terkenal E L Thorndike pada dekade pertama abad ke-20. Thorndike memeriksa proposisi studi tentang bahasa Latin mendisiplinkan pikiran, mempersiapkan orang untuk kinerja yang lebih baik pada mata pelajaran lain. Terdapat perbedaan dalam perbandingan akademis siswa yang telah mengambil bahasa Latin dengan mereka yang tidak mengambil bahasa latin. Thorndike (1923) tidak menemukan keuntungan apapun dalam studi bahasa latin. Dalam percobaan lainnya, Thorndike dan Woodworth (1901) berusaha, dan umumnya gagal temukan dampak positif dari satu jenis pembelajaran lain. Thorndike menyimpulkan bahwa transfer tergantung pada "elemen identik" dalam dua mata pelajaran. Sebagian besar performance terlalu berbeda dari yang satu lain untuk banyak transfer yang diharapkan. Dengan kondisi Perbedaan yang dekat dan terlalu jauh.
Temuan awal Thorndike yang mengganggu telah muncul berulang kali dalam penyelidikan lain. Contohnya, kemunculan pemrograman komputer memunculkan gagasan bahwa pemrograman komputer dikembangkan secara umum berupa keterampilan pemecahan masalah. seperti yang dipikirkan orang Latin untuk menumbuhkan disiplin mental. Sayangnya. Beberapa percobaan mencari dampak positif pembelajaran terhadap program pemecahan masalah dan aspek lainnya pemikiran menghasilkan hasil negatif (lihat Pea dan Kuland 1984 Salomon dan Perkins 1987). Pengalaman belajar lain berdampak luas pada kognisi adalah melek huruf. Penguasaannya berupa membaca dan menulis. Diharapkan dari pengalaman membaca dan menulis terbentuk struktur kognitif teks terbentuk. Namun Scribner dan Cole (1981) melaporkan sebuah studi tentang suku Afrika Vai dengan sebuah bentuk tulisan asli yang tidak disertai sekolah. Menggunakan berbagai instrumen kognitif umum. Mereka tidak menemukan perbedaan antara Vai yang telah menguasai naskah ini dengan yang tidak. Mereka berpendapat bahwa dampak keaksaraan bergantung pada pendalaman beragam kegiatan seputar melek huruf, bukan pada perolehan membaca dan menulis. Suku Vai hanya menggunakan naskah mereka dengan cara yang sangat spesifik. Untuk contoh lain, peneliti telah melihat untuk efek transfer antara teka-teki atau permainan yang ada struktur satu sama lain, berbagi logika yang sama struktur tapi disajikan atau dijelaskan dengan istilah fisik yang sangat berbeda. Sebagai contoh, beberapa penelitian berfokus pada teka-teki Menara Hanoi yang terkenal, yang membutuhkan tiga cincin (atau lebih) dari berbagai ukuran antara tiga pasak sesuai dengan peraturan tertentu. Satu struktur
melibatkan sebuah cerita tentang tiga monster, luar angkasa, masing-masing memegang bola kristal dengan ukuran yang berbeda. Aturan untuk monster yang melintasi bola dunia satu sama lain secara logis setara dengan aturan untuk memindahkan disk dari pasak ke pasak.

Tidak jelas apakah mempelajari soal struktur dianggap sebagai transfer dekat atau jauh, karena struktur hampir identik secara struktural tapi sangat berbeda dengan ornamen eksternal. Bagaimanapun, subjek biasanya tidak mengenali koneksi antara satu struktural dan yang lainnya dan karenanya tidak terbawa strategi yang mereka dapatkan saat bekerja dengan satu ke yang lain. Namun, jika hubungan itu runcing out, maka peserta didik dapat mentransfer strategi dengan baik (Simon dan Hayes 1977).
Sedangkan hasil yang sepertinya transfer tampak negatif, dapat juga temuan positif yang terkadang muncul. Misalnya, Clements dan Gullo (1984) dan Lehrer et Al. (1988) mencapai transfer positif dari keterlibatan dalam pemrograman komputer LOGO sampai kognitif ukuran tertentu termasuk ukuran pemikiran yang berbeda. Brown (1989) melaporkan serangkaian penelitian yang menunjukkan Transfer positif konsep abstrak pada anak-anak prasekolah.
Misalnya obyek ide yang menumpuk untuk ditelaah mencapai sesuatu atau gagasan menirukan sebagai mekanisme pertahanan binatang. Campione dkk. (1991) melaporkan bahwa saat anak diajarkan untuk memonitor diri sendiri dan saat membaca apa adanya telah disebut "Reciprokal teaching”. transfer ini juga untuk belajar di bidang pembelajaran teks lainnya seperti studi sosial dan matematika. Salomon dkk. (1989) menunjukkan bahwa siswa dapat mentransfer dari program komputer yang dirancang agar mereka lebih strategis terhadap kinerjanya beberapa saat kemudian menulis yang menunjukkan bahwa apa yang diperoleh siswa dapat dipindahtangankan untuk memantau diri sendiri.

3. Transfer dan Pengetahuan Lokal
Transfer learning secara dekat tampaknya memiliki prospek jauh lebih baik daripada transfer jauh. Tren tidak hanya muncul di temuan empiris, tapi juga masuk ide dalam istilah penelitian kontemporer tentang "expertise". Sejak tahun 1970. Sejumlah peneliti telah membuat sebuah kasus pentingnya "Local Knowledge" (dengan pengetahuan Masuk akal memasukkan ketrampilan konsep, proposisi. dll). Di daerah yang beragam, seperti bermain catur, pemecahan masalah dalam fisika dan diagnosa medis. Kinerja pakar telah membuktikan bergantung pada basis pengetahuan yang besar dengan jenis yang khusus (lihat Ericsson dan Smith 1991). Pada umumnya lintas domain prinsip, telah diperdebatkan.berperan agak lemah. Dengan semangat yang sama, beberapa investigator mengusulkan bahwa belajar diadaptasi dengan halus untuk berdasarkan konteksnya (Brown et al 1989, Lave 1988).
Asumsi posisi pengetahuan lokal yang kuat menjadi transfer jauh dalam kondisi apapun, karena pengetahuan dalam satu konteks tidak akan terlalu relevan dengan lainnya. Namun, penelitian tentang keahlian tidak benar-benar setuju asumsi ini. Pengetahuan umum bekerja sama dengan pengetahuan lokal (Perkins dan Salomon 1989). Selain itu, gagasan pembelajaran yang ada tidak harus selalu menyiratkan bahwa prospek transfer terbatas. Greeno et al. (1993) menawarkan tampilan pembelajaran transfer yang terletak dimana transfer tergantung pada kesempatan yang sama. Tindakan melintasi situasi mungkin berbeda secara dangkal. Maka sebuah pengetahuan lokal monolitik memiliki posisi sulit dipertahankan.

4. Ketentuan Transfer
Temuan positif transfer, baik yang mendekati maupun yang jauh, menyarankan bahwa terlalu sederhana hanya untuk bertanya apakah transfer bisa terjadi meskipun seringnya tidak terjadi ?; pertanyaan yang lebih penting adalah pertanyaan Dalam kondisi apa transfer muncul ?
4.1 Praktik yang menyeluruh dan beragam
Pertanyaan tentang keaksaraan dapat dipertimbangkan sekali lagi. Dalam sebuah studi klasik tentang dampak literasi dan pendidikan di bekas Uni Soviet. Lurta (1976) menemukan pengaruh besar pada sejumlah pengukuran kognitif. Hasilnya menyangkut populasi dimana membaca dan Menulis memainkan banyak peran. Kontras antara Temuan Luria dan Scribner dan Cole menunjukkan transfer tersebut mungkin tergantung pada praktik ekstensif performanya, dipertanyakan dalam beragam rumusan, hasil yang fleksibel, bundel yang relatif otomatis, keterampilan mudah ditimbulkan dalam situasi-situasi baru.
4.2 abstraksi eksplisit
Transfer terkadang tergantung pada apakah peserta didik memiliki abstrak atribut situasi kritis. Dalam satu demonstrasi. Gick dan Holyoak (1980. 1983) mempresentasikan subjek dengan cerita bermasalah yang memungkinkan dapat dihayati. Dari subyek yang memecahkan masalah, mereka memunculkan prinsip apa yang menjadi pokok permasalahannya. Mereka kemudian mempresentasikan mata pelajaran dengan yang lain. Masalah serupa kemudian diajak pendekatan yang serupa. Subjek-subjek yang memiliki dasar maksimal akan mudah mempunyai prinsip untuk teka-teki pertama di mana sebagian besar sukses dengan yang kedua. Ini dan hasil lainnya menyarankan abstraksi eksplisit prinsip dari situasi transfer asuh
4.3 Pemantauan Diri Aktif
Demikian pula, refleksi metakognitif pada pemikiran seseorang Proses muncul untuk mempromosikan transfer keterampilan. Ini Berbeda dengan kategori abstraksi eksplisit di atas, Dalam abstraksi itu berfokus pada struktur situasi sedangkan pemantauan diri berfokus pada proses berpikir seseorang. Belniont dkk. (1982) melakukan sebuah sintesis dari sejumlah upaya untuk mengajar terbelakang orang strategi memori sederhana dan untuk menguji apakah mereka akan menerapkannya dalam konteks yang sedikit berbeda. Banyak dari penelitian ini tidak menunjukkan transfer, sementara beberapa terungkap beberapa. Para peneliti mengisolasi faktor itu muncul untuk menjelaskan keberhasilan: mengajar mata pelajaran tidak hanya untuk menerapkan strategi tapi juga untuk memonitor mereka proses berpikir sendiri dengan cara yang sederhana. Aktivasi pemantauan diri ini membantu mereka kapan mereka bisa menerapkan strategi yang mereka.
4.4 Perhatian yang Aneh
Perhatian mengacu pada keadaan kewaspadaan umum untuk kegiatan yang terlibat dan lingkungan seseorang. Berbeda dengan mode reaktif pasif dimana kognisi, dan tanggapan lainnya terungkap secara otomatis dan tanpa berpikir (Langer 1989). Perhatian lebih menyeluruh daripada eksplisit abstraksi atau self-monitoring aktif . Terdapat  efek dari keduanya.
4.5 Menggunakan metafora atau Analogi
Transfer difasilitasi saat materi baru dipelajari dalam menjelaskan materi pembelajaran sebelumnya yang berfungsi sebagai analogi atau metafora. Hal-hal yang diketahui tentang domain "lama" pengetahuan sekarang dapat ditransfer ke domain "baru" sehingga membuatnya dipahami dan dipelajari dengan lebih baik Misalnya, siswa pada awalnya dapat memahami gagasan tentang atom lebih baik dengan memikirkan itu sebagai tata surya kecil atau bagaimana jantung bekerja menganggapnya sebagai pompa. Tentu saja, kebanyakan analogi semacam itu terbatas dan membutuhkan elaborasi dan kualifikasi.
5. Mekanisme Transfer
Mengapa faktor jenis yang diidentifikasi di atas mendorong transfer? Jawaban terbaik bisa diberikan dengan pemeriksaan mekanisme transfer yaitu melalui jalur psikologis dimana transfer terjadi.
5.1 Abstraksi
Teori Thorndike mendasari fenomena transfer belajar. Namun, penelitian menunjukkan gambaran lebih kompleks tentang bagaimana elemen identik transfer sebagai identitas menjadi perantara transfer pada tingkat abstraksi tinggi. Fenomena percabangan arteri, Jaringan listrik, dan tembikar bisa meniru prinsip yang sama (kebutuhan untuk mengantarkan sesuatu ke suatu titik wilayah) dengan menjadikan saluran (arteri versus kabel) dan apa yang sedang terjadi dibawa (darah versus listrik). Tingkat abstraksi membantu memperhitungkan transfer jauh, karena elemen identik sangat abstrak dan muncul dengan konteks yang sangat berbeda.
5.2 Transfer oleh kesalahan
Dalam perspektif kognisi Greeno dkk. (1993) berpendapat bahwa transfer tidak perlu tergantung pada representasi mental yang berlaku untuk situasi belajar dan target. Sebaliknya, selama awal belajar, pelajar dapat memperoleh skema tindakan yang responsif terhadap kemampuan - peluang tindakan - situasi belajar. Jika potensi transfer situasi menyajikan kemampuan serupa dan orang tersebut mengakui mereka, orang tersebut mungkin menerapkan hal yang sama atau skema tindakan yang agak diadaptasi disana eksternal atau representasi internal mungkin atau mungkin tidak sesuai dengan pembelajaran awal atau skema tindakan yang dihasilkan.
5.3 High Road and Low Road Transfer
Dua studi (Salomon dan Perkins 1989. Perkins dan Salomon 1987) menyimpulkan temuan terkait transfer dengan mengenali dua mekanisme yang berbeda namun terkait, " High Road/jalan rendah" dan " Low Road /jalan tinggi." Pemindahan jalan yang rendah terjadi ketika Kondisi stimulus dalam konteks transfer cukup serupa dengan yang ada pada konteks pembelajaran sebelumnya. Hal ini respons semi otomatis yang dikembangkan dengan baik. Sesuai dengan pandangan Greeno dkk. (1993). Tanggapan ini tidak perlu dimediasi oleh representasi eksternal atau mental. Sebagai proses yang relatif refleksif, angka transfer jalan rendah paling sering di dekat transfer.
Sebagai contoh ketika seseorang pindah rumah menyewa sebuah truk kecil karena roda kemudi yang mudah bermanufer dan fitur lainnya membangkitkan respons mengemudi mobil yang bermanfaat. Mengendarai truk hampir otomatis meskipun itu adalah tugas yang berbeda dalam beberapa cara kecil. Hight transfer jalan yang kontras tergantung pada abstraksi sadar. Abstraksi sadar berangkat dari konteks pembelajaran atau aplikasi dan pencarian koneksi yang disengaja: Apa pola generasinya? apa yang dibutuhkan ? prinsip apa yang mungkin berlaku? apa yang diketahui bisa membantu?
Perlu waktu untuk eksplorasi dan investasi usaha mental. Dengan mudah bisa melakukan transfer jauh dan menjembatani konteks yang jauh seperti arteri dan jaringan listrik atau strategi permainan catur dan politik. Contohnya: Seseorang yang baru mengenal politik tapi akrab dengan catur mungkin membawa prinsip catur kontrol pusat, merenungkan apa artinya mengendalikan pusat politik. Dalam kasus transfer tertentu, kedua jalan dapat bekerja sama: beberapa koneksi dapat terjadi secara refleksi. sementara yang lain dicari. Kedua mekanisme itu berbeda. Kerangka ini sesuai dengan sejumlah poin yang dibuat di atas. Ini mengakui bahwa transfer kadang-kadang didorong oleh stimulus, terjadi secara otomatis atau hampir secara otomatis sebagai fungsi praktik yang sering dan beragam (jalan rendah). Di sisi lain, transfer terkadang melibatkan tingkat abstraksi dan tantangan kemungkinan koneksi (jalan tinggi). Kerangka ini memungkinkan elemen identik dalam identitas asli Thorndike - bahwa organisme tersebut meresponsnya (jalan yang rendah) namun juga menekankan pentingnya identitas yang ditemukan. Analisis ini, bersamaan dengan pandangan dan temuan Luria, Scribner dan Cole, Greeno, dan lainnya, menekankan bahwa kondisi transfer sangat ketat. Transfer refleksif (jalan rendah) memerlukan otomatisasi yang baik Pola respon yang karenanya mudah dipicu oleh Kondisi stimulus serupa, dan itu membutuhkan stimulus kondisi yang cukup mirip dengan konteks sebelumnya belajar bertindak sebagai pemicu.
Banyak situasi belajar menawarkan latihan untuk berbagai contoh yang sempit dan tidak cukup berlatih untuk mencapai signifikan auto-maticity. memberikan dasar yang buruk untuk transfer refleksif. Transfer jalan cepat (high road) membutuhkan abstraksi aktif dan eksplorasi kemungkinan koneksi. Banyak situasi belajar tidak mendorong mental seperti investasi. Meskipun mungkin banyak orang lebih menyukai kesadaran atau metakognisi secara definisi lebih cenderung membuatnya.

6. Mengajar dengan Transfer
Pengamatan di atas tentang mekanisme mengklarifikasi mengapa Transfer tidak terjadi sesering yang diinginkan. Mereka juga memberikan panduan untuk menetapkan kondisi pembelajaran yang mendorong transfer. Dalam banyak situasi, transfer memang akan dilakukan dari dirinya sendiri: situasi dimana kondisi transfer refleksif terpenuhi kurang lebih secara otomatis. Sebagai contoh. Pengajaran membaca melek huruf biasanya melibatkan praktik ekstensif dengan beragam materi titik otomatisitas perhatian. Apalagi kapan siswa mengalami situasi membaca di luar kelas literasi-kertas berita, buku, arahan perakitan dan sebagainya - halaman cetak memberikan rangsangan terbuka untuk membangkitkan kemampuan membaca. Sebaliknya, dalam banyak konteks pembelajaran lainnya. kondisi untuk transfer kurang menguntungkan. Untuk contoh. studi sosial biasanya diajarkan dengan Harapan bahwa sejarah akan menyediakan lensa yang untuk melihat peristiwa kontemporer. Namun instruksinya semua terlalu umum tidak termasuk praktek yang sebenarnya dalam mempertimbangkan kejadian terkini dari perspektif sejarah. Didorong untuk merenungkan era yang mereka pelajari dan ekstrak secara umum kesimpulan yang dapat disesuaikan atau bahkan pertanyaan. Lainnya kata-kata, konvensi instruksi kerja melawan baik otomatis (low road) maupun mindful (high road) transfer. Untuk menanggapi dilema semacam itu, dua strategi instruksional yang luas untuk mendorong transfer dapat didefinisikan: menyukai dan menjembatani (Perkins dan Salomon 1988).
Menyukai memanfaatkan transfer refleksif. Ini merekomendasikan instruksi itu langsung melibatkan peserta didik dalam perkiraan pada pertunjukan yang diinginkan. Sebagai contoh, Seorang konselor pekerjaan dapat melibatkan siswa dalam simulasi wawancara bukan hanya sekedar wawancara yang baik mengadakan. Pengalaman belajar jadi "suka" kinerja target, memaksimalkan kemungkinan transfer jalan otomatis otomatis. Menjembatani memanfaatkan jalan yang tinggi untuk ditransfer instruksi mendorong formulasi abstraksi, mencari kemungkinan koneksi perhatian, dan metakognisi. Misalnya, pekerjaan konselor mungkin meminta siswa untuk merenungkannya kekuatan dan kelemahan dan menyusun rencana untuk menyoroti mantan dan mengecilkan yang terakhir dalam sebuah wawancara. Instruksi demikian akan menekankan disengaja analisis dan perencanaan abstrak. Tentu saja, dalam contoh wawancara kerja, para guru mungkin mempekerjakan keduanya menyukai dan menjembatani. instruksi yang menggabungkan sifat eksperimental realistik dari yang pertama dan karakter analitik yang bijaksana dari yang terakhir nampaknya paling mungkin menghasilkan transfer yang kaya. Dalam ringkasan, pandangan dangkal tentang kesimpulan luas yang ditarik oleh penelitian tentang transfer berkecil hati: Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa transfer adalah tidak mudah untuk mencapainya. Namun, pemeriksaan lebih dekat dari kondisi di mana transfer tidak terjadi dan mekanisme di tempat kerja menyajikan gambaran yang lebih positif: pendidikan bisa mencapai transfer melimpah jika dirancang untuk melakukannya.


Daftar Pustaka
International Encyclopedia Of Educational Technology
by Plomp & Ely


Leave a Comment