| 0 Comments | 17 Views

Card Image

https://southplastic.com/

Diterjemahkan dari : Biodegradable plastics: discover the different applications used from bioplastics

Sektor plastik sedang mengalami revolusi. Jika ada tren yang jelas dalam industri ini, hal tersebut adalah pencarian bahan yang lebih berkelanjutan untuk pembuatan produk yang dapat terbiodegradasi.

Banyak perusahaan dan badan usaha telah mengambil tantangan untuk mengurangi penggunaan plastik konvensional dan menggantinya dengan alternatif yang lebih ramah lingkungan. Dan, meskipun dalam banyak penerapannya sulit dipercaya bahwa plastik konvensional bisa diganti, ada banyak produk yang bisa diproduksi dengan cara yang lebih ramah lingkungan.

Plastik menyumbang 14% dari limbah kita dan inovasi memainkan peran penting dalam mengatasi masalah lingkungan ini.

Berkat investasi dalam penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh industri plastik, plastik biodegradable semakin banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Saat ini, bahan jenis ini telah memberikan kemungkinan nyata untuk memproduksi produk berkelanjutan dengan mesin konvensional. sumber : https://unupurwokerto.ac.id/

Ada banyak alasan untuk mencari alternatif yang berkelanjutan dan mengurangi timbulan sampah yang disebabkan oleh plastik. Lebih dari 80% sampah yang kita temukan di laut adalah plastik, menurut Komisi Eropa.

Penggunaan bahan-bahan yang dapat terbiodegradasi akan menjadi kemajuan besar dalam jumlah limbah yang kita hasilkan, karena produk-produk yang diproduksi dengan bahan-bahan jenis ini pada akhirnya akan hilang dari planet kita tanpa meninggalkan sisa-sisa kontaminasi atau mikroplastik. sumber : https://solenvn.com/en/

Ada banyak produk dan aplikasi yang dapat dibuat dari plastik biodegradable.

Pengalaman menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada sesuatu pun yang sangat diperlukan dan bahkan dalam banyak produk yang tidak pernah kita bayangkan, plastik dapat dihilangkan atau, setidaknya, dikurangi seminimal mungkin. Ini adalah beberapa di antaranya.

Persentase total produksi plastik untuk industri pengemasan sekitar 39%, yang berarti 20,4 juta ton bahan jenis ini per tahun.

Oleh karena itu, terdapat peluang besar untuk pembuatan produk dengan plastik biodegradable.

Botol

Tergantung pada produk yang akan dikemas, botol plastik dapat diganti dengan bahan yang dapat terbiodegradasi. Melalui peniupan injeksi atau peniupan ekstrusi, berbagai jenis botol kompos atau biodegradable dapat diproduksi: transparan, buram, dengan kapasitas berbeda… Jenis botol ini dapat digunakan di berbagai industri seperti makanan, nutraceutical, dll.

Wadah dan nampan makanan

Baki makanan yang dibuat dengan thermoforming seringkali sulit didaur ulang karena mengandung sisa makanan. Jika baki ini terbuat dari bahan yang dapat terbiodegradasi, wadah (baki) dan isinya (makanan) dapat dibuang ke dalam tong sampah organik.

Contoh lainnya adalah nampan untuk kue kering dan kembang gula. Ini adalah produk yang mudah rusak dan nampannya berisi sisa makanan seperti krim atau coklat. Pilihan yang dapat dibuat kompos di sini mewakili penerapan produk yang dapat terbiodegradasi dengan baik. https://primebiopol.com/

Tas untuk buah dan sayuran

Seperti yang bisa kita lihat di supermarket, tas buah dan sayur harus terbuat dari bahan yang lebih ramah lingkungan. Dalam hal ini dengan bahan yang dapat dibuat kompos. Tas-tas ini memiliki tiga kegunaan:

Mereka memungkinkan kita mengangkut makanan dari supermarket ke rumah kita

Kita dapat menggunakan tas tersebut untuk menyimpan makanan dan dengan demikian meningkatkan pengawetannya

Kita dapat menggunakan kembali kantong biodegradable untuk mengumpulkan sampah organik dan membuangnya ke tempat sampah organik berwarna coklat

Kantong sampah

Sebaiknya kantong sampah yang disimpan di tempat sampah organik juga dapat dijadikan kompos. Dengan cara ini, kantong dan sampah organik (sisa makanan, pemangkasan, dll.) dikelola dengan cara yang sama di pabrik pengomposan.

Sumber : https://plastno.com/blogs/

Dengan kata lain, dengan menggunakan kantong sampah kompos untuk tempat sampah organik, kita tidak perlu lagi memisahkan kantong tersebut dari sampah lainnya.

Kapsul kopi

Kopi menyumbang 80% dari produk ini dan juga merupakan sampah organik. Kapsul harus dapat dibuat kompos dan dikelola melalui wadah berwarna coklat untuk menghindari hilangnya sisa kopi yang merupakan bahan organik.

Kemasan

Plastik biodegradable menawarkan berbagai kemungkinan untuk pembuatan semua jenis kemasan baik dengan cetakan ekstrusi tiup atau ekstrusi lembaran datar (dikenal sebagai “cetakan”).

Sumber : https://www.singularsolutionsgroup.com/

Berkat penelitian dan pengembangan pada plastik biodegradable, rangkaian bahan ini semakin menawarkan respons yang lebih baik terhadap kebutuhan banyak aplikasi pengemasan. Contohnya termasuk kemampuan mencetak, peningkatan penghalang, fleksibilitas material, kontak dengan makanan…

Jenis kemasan ini cocok untuk berbagai sektor seperti industri, makanan, kosmetik…

Plastik biodegradable baru-baru ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dibuat dari semua jenis cetakan di laut baik dengan ekstrusi tinggi atau ekstrusi pada lapisan tipis (disebut sebagai “cetakan”).

Sumber : https://www.foodmag.com.au/defining-compostable-and-biodegradable-packaging/

Peralatan makan sekali pakai

Dengan mengembangkan plastik biodegradable untuk thermoforming, injeksi atau ekstrusi blow moulding, kami dapat memproduksi berbagai macam produk biodegradable: piring, sendok, sendok teh, garpu, cangkir…


Leave a Comment