| 0 Comments | 869 Views

Card Image

recommended books

Pertanyaan-pertanyaan mengenai: Mengapa harus berfilsafat? Apa itu filsafat? Siapa yang harus berfilsafat? dan seterusnya, akan dijawab di artikel lain dalam blog ini karena tulisan pendek kali ini akan mengulas sedikit mengenai buku-buku yang dapat dijadikan langkah awal memasuki dunia filsafat:

  • Dunia Sophie karya Jostein Gaarder

Diterbitkan pertama kali dalam bahasa Norwegia, buku ini kini sudah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa, bahkan lebih, dan dicetak lebih dari satu juta eksemplar. Buku ini asyik dibaca karena meskipun membahas sejarah filsafat dari zaman Yunani hingga abad 20 disajikan dalam bahasa novel yang sederhana sehingga mudah diikuti.

Sophie, dikisahkan dalam novel ini sebagai anak kecil yang rasa ingin tahunya tinggi, -seperti anak kecil pada umumnya ketika tidak dihentikan oleh orang tua atau guru mereka dengan pengerdilan macam "Sudahlah, jangan banyak tanya. Nanti kalo udah gedhe juga tahu sendiri jawabannya." 

Sophie menemukan banyak hal mengenai hakikat dirinya dan alam semesta.

  • Madilog karya Tan Malaka

Madilog merupakan akronim dari  materialisme, dialektika, dan logika. Buku ini lahir ketika Indonesia masih mencari jati dirinya, bahwa kemerdekaan adalah takdir dan perjuangan sering dikaitkan dengan hal supranatural yang gaib. 

Tan Malaka mengupas mistisisme yang ia anggap sebagai kemunduran berpikir menggunakan pendekatan materialisme -yang didapat dari ajaran Karl Marx, dialektika -dari Hegel, dan logika sebagai cara berpikir yang bijak.

Sangat layak dibaca!

  • Filosofi Teras karya Henry Manampiring

Buku ini banyak berbicara mengenai Stoisisme atau Stoa, salah satu paham filsafat yang muncul pada zaman Yunani Kuno, namun sangat relevan dengan kehidupan jaman now. Antara lain tentang bagaimana sikap kita ketika menanggung beban yang berat, sampai burned out? Bagaimana menghadapi insecurities?

"Kok bisa, pemikiran lawas diaplikasikan dalam kehidupan sekarang?"

Ya karena, filsafat itu bukan trend yang easy come, easy go. Filsafat itu landasan berpikir. Hal-hal yang dasar seperti itulah yang dibahas dalam buku ini. 


Yuk, baca yang banyak, biar makin bijak!


Leave a Comment