| 0 Comments | 370 Views

Card Image


Bahagia? Kuncinya mudah, jangan gantungkan kebahagiaanmu pada orang orang lain. Kenapa? Karena jika kebahagiaanmu tergantung pada pikiran orang lain tentangmu, maka kau akan sulit menemukan kebahagian. Kita tidak bisa mengontrol pikiran orang lain tentang apapun termasuk tentang kita, maka biarlah orang lain berpikir apapun tentang kita dan jangan sampai pikiran dia menjadi ukuran kebahagiaan kita. Bagaimana jika dia berpikiran JELEK tentang kita? Itu hak dia untuk berpikir apapun tentang siapapun, termasuk tentang kita. Lagi-lagi, jangan berambisi untuk mengontrol pikiran orang lain karena itu “IMPOSSIBLE DREAM.”

 

Jadi, apa yang bisa kita lakukan?

Yang bisa dan penting kita lakukan adalah mengontrol pikiran kita sendiri. Kontrol dan Kelola pikiran kita, agar bisa melihat segala sesuatu secara positif. Kontrol pikiran agar terbiasa melihat kehidupan dari perspektif yang positive, bahkan terhadap realitas yang dianggap orang lain negative. Kontrol pikiran agar bisa selalu berpikir positif terhadap orang lain. Kenali dan kontrol pikiran kita ketika kita kecewa dan marah, apalagi sangat marah. Pikirkan mengapa kita kecewa atau marah, cari penyebabnya mengapa kita harus kecewa atau marah. Jika penyebabnya bisa kita selesaikan, maka selesaikan dengan pikiran positif. Jika tidak bisa kita selesaikan, maka serahkan pada DIA yang menguasai hidup. Nah, maka tidak ada alasan lagi untuk kita terhanyut dalam kecewa dan marah, sehingga kita TIDAK BAHAGIA.

 

Kontrol pikiran kita tentang pikiran orang lain yang JELEK atau tidak baik tentang kita, toh kita tidak bisa melongok alam pikiran orang lain kecuali jika dia mengatakan atau menulisnya? Bahkan ketika seseorang mengatakan sesuatu yang negative tentang kita, lebih baik pikirkan itu sebagai sesuatu yang positive, sebagai pemacu semangat, sebagai kritik yang membangun, sebagai tanda perhatian dia pada kita. Nah jadilah positive kan? Sulit? Sesuatu sulit karena tidak terbiasa, sebaliknya sesuatu jadi mudah karena sudah menjadi kebiasaan dan bahkan pola dalam kehidupan kita. Yang bis akita lakukan adalah memulai mengontrol pikiran kita agar selalu “berpikir positif.” Yang bisa kita lakukan adalah, berusaha berpikir dan menunjukkan yang terbaik bisa kita lakukan!!!

 

To be continued….

By: Inayah Rohmaniyah, Desember 14, 2021 


Leave a Comment