| 0 Comments | 245 Views

30 Topik Pengantar Studi Islam 

I. MUQADDIMAH::  Studi Islam dari Indonesia ::

Berkenalan I dengan  Prof. Dr. H. M. Atho Mudzhar, M.A.  


Video di atas berbicara tentang Studi Islam oleh Prof. Dr. Atho Mudhar, MA. 

  1. 06:00 :: Cover Slide:: Merumuskan Tema-tema Riset Studi Islam Perspektif Integrasi Ilmu di PTKI (Perguruan Tinggi Keagaamaan Islam)
  2. 07:14:: Perbedaan Tema, Topik, dan Judul Penelitian: Dalam penelitian, dimulai dari Tema..bukan dari judul. 
  3. 15:36:: 5 Kemungkinan Hubungan Ilmu dan Agama yaitu (1) Konflik, (2) tak saling menyapa, (3) Islamisasi Ilmu (4) DIalogis (5)Integrasional / saling memberi inspirasi/ saling mendukung [yang dipilih adalah yang point lima] 
  4. 16:35: UNESCO membagi ilmu dalam 3 kelompok yaitu Ilmu-ilmu Budaya (Humanities), Ilmu-ilmu Sosial (Social Sciences), dan Ilmu-ilmu alam (natural sciencies) 
  5. 16:56: Studi Islam dahulunya berada dalam kelompok ilmu-ilmu Budaya karena hanya berada pada studi normatif atau ajaran dan sedikit sejarah.
  6.  17:35:: Apakah Ilmu bebas Nilai?, menurut Good and Hatt bahwa ilmu tidak bebas nilai...dan ilmu rentan nilai. 
  7. 19:21::Sejarah sosiologi dan antropologi sosial ...dahulunya dikembangkan untuk kepentingan (berarti tidak objektif/tidak bebas nilai) kolonialisme atau penjajahan 
  8. 19:40:: Ilmu Alam..bisa bebas nilai..seperti air yang mengalir dari tempat tinggi ke rendah....tidak ada persoalan nilai disana.
  9. 23:47:: Ilmu di Indonesia dibagi dalam 5 rumpun :: Ilmu-ilmu keagamaan:ilmu-ilmu humaniora: ilmu sosial:: ilmu kealaman: ilmu formal: ilmu terapan:: walaupun menurut PAk ATho Mudhar bisa dibagi menjadi tiga kelompok seperti UNESCO
  10. 25::43:: Struktur kurikulum UIN Jakarta, terkait integrasi Agama (ilmu agama) dan Ilmu (ilmu umum) :: JIKA KITA DARI RUMPUN KEAGAMAAN MAKA (1) Ilmu Umum menjadi bahan DIALOG  (2) ilmu umum menjadi ilmu bantu (3) Ilmu umum sebagai INSPIRASI pengembangan ilmu keagamaan (4) Ilmu umum sebagai PERSPEKTIF, (5) Ilmu Umum sebagai PENGAMAL:: 
  11. 28::13:: JIKA KITA DARI RUMPUN ILMU UMUM KE AGAMA MAKA :: ada 9:: (1) meluruskan Ilmu, (2) Mengembangkan dan memperkaya (3) mengubah atau membuat teori baru (4) mengkonstruksi ilmu-ilmu bantu...dst sampai point 9 : 
  12. 40::01 :: JIKA DARI DISPLIN ILMU UMUM.untuk menghadirkan tema-tema Islam bagaimana caranya:: (1) menghadirkan doktrin Islam...., (2) dst..
  13. 51::00 Contoh Studi Islam...Studi integratif  ilmu Umum dan ilmu Agama:: 

 Artikel yang ditulis oleh beliau :: Social History Approach to Islamic Law:: diterbitkan oleh jurnal al-Jamiah, 1998.  


Berkenalan II dengan Prof. Dr. H. Muhammad Amin Abdullah


Point-point Kuliah Integrasi interkoneksi :: 

21:00:: Istilah intergasi-interkoneksi dalam bahasa Arab "Takamul al-Ulum wa izdiwaj al-Ma'arif. 

Kuliah Prof AMin Abdullah yang lain 



Berkenalan dengan Prof. Yudian Wahyudi, MA., PH.D.


 

II.


Leave a Comment