| 0 Comments | 133 Views

Qutrub: AI Tasrif Kosa Kata Bahasa Arab

Artificial Intelligence (AI) adalah topik yang saat ini sering diangkat dalam diskusi-diskusi workshop atau seminar bahasa Arab. Mengapa demikian? Karena AI ini seiring kemajuan zaman juga akan merambah dunia kebahasa-araban, dan "mengancam" lulusan Prodi Bahasa dan Sastra Arab. "Ancaman"nya nyatanya adalaj AI dalam bidang bahasa Arab akan mengalahkan kecerdasan dan ketrampilan Alumni dalam berbahasa Arab. 

Salah satu AI yang dikembangkan saat ini adalah Qutrub, ia adalah aplikasi bersifat offline maupun online yang akan "trampil" mentasrif kosakata bahasa arab. Dalam laman resminya, Qutrub menjelaskan spesifikasi AI nya sebagai berikut. 

برنامج قطرب لتصريف الأفعال العربية، في الأزمنة ويسندها إلى الضمائر.
قطرب برنامج مفتوح المصدر، يوفّر للمستخدم استعمالا مجانيا، في شكل موقع وب، وبرنامج لسطح المكتب.
وللمطورين يُستخدم كمكتبة برمجية من الموقع أو على مكتبات بيثون.
يصرّف قطرب الأفعال العربية بسهولة ويسر، ويساعد المستخدم في التعلم، وتصحيح معلوماته
"Program Qatrab untuk mentasrif kata kerja bahasa Arab, dalam bentuk kata kala dan menyandarkannya dengan kata ganti. Qatrab adalah program open source, yang menyediakan penggunaannya secara gratis, dalam bentuk situs web dan program desktop. Untuk pengembang, ini digunakan sebagai perpustakaan perangkat lunak dari situs atau di perpustakaan Python. Qatrb mengkonjugasikan kata kerja Arab dengan mudah dan nyaman, dan membantu pengguna dalam mempelajari dan mengoreksi informasinya".

AI (saya menyebut program ini sebagai bentuk Artificial Intelligence) Qutrub ini akan mentasrif verba-verba yang kita ketikkan pada fitur yang disediakan "أدخل الفعل" dan AI Qutrub akan bekerja menentukan tasrifan-tasrifannya. 

Sebagai contoh ketika saya mengetik verba   درس  maka akan muncul hasil tasrifannya dari mulai verba lampau tsulatsi dan mazidnya. kemudia dibawahnya akan ditabelkan bentuk-bentuk verbanya baik Ma'lum maupun Majhul. Contoh lain kata verba عنى , صان  شكر dan bisa dicoba verba lainnya.

AI Qutrub ini tidak mencantumkan Ism atau bentuk nominanya seperti Mashdar, Isim Fail dan Isim Maf'ul.

Yogyakarta, 26 November 2021
Moh. Wakhid Hidayat [moh.hidayat@uin-suka.ac.id]

Leave a Comment