| 0 Comments | 41 Views

Sumber Review : Artikel 29 Sastra Digital 2023

Judul  :  الرواية التفاعلية  (Novel Interaktif )

Penulis:  

Buku مدخل إلى لأدب التفاعلى   yang ditulis oleh فاطمة البريكي

Disusun oleh Nama Muhammad miftakhul Mujab 20101010096

 

Fatimah al-bariki adalah seorang kritikus emirate dan seorang professor universitas yang berspesialis dalam bidang kritik dan retorika. Pada tahun 2014 dia menjadi pendiri سما للنشر والتوزيع sama publishing and distribution company beliau juga menjadi kepala departemen Bahasa arab di bidaya media foundation. Pakar linguistic LEGO dan kepala departemen Bahasa dan sastra arab di universitas UEA. Dia menjabat sebagai penasehat Bahasa untuk waad academy di jeedah di tahun2014. Dan menjadi pembicara di arab media forum sesi ke-12 pada tahun 2013. Ditahun ini juga menjabat sebagai anggota komite modernisasi Pendidikan Bahasa arab. Ditahun 2012 beliau banyak menulis buku cetak, antara lain sastra visual, Ia banyak menulis buku cetak, antara lain: “Sastra Visual”, “Penulisan dan Teknologi”, “Menulis dalam Pelajaran Retoris”, serta buku-buku lainnya. Di bidang anak-anak, yang ia tulis “Inilah sebabnya aku mencium tangan ibuku”, “bulu mataku”, dan “kupu-kupuku”.

Sekarang dia memenangkan Penghargaan Abdul Hameed Shoman untuk Peneliti Muda Arab Penghargaan Buku Sharjah Emirat dalam bidang studi di Hanya 1 Penghargaan Kreativitas Al Owais di bidang inovasi ilmiah di UEA, dan “Penghargaan Sastra Naji Noman” di Lebanon. Ia meraih gelar doktor dalam bidang kritik Arab kuno dari Universitas Yordania.

 Judul book chapter dari Judul buku, Buku atau artikel diterbitkan tahun kapan dimana tempat penerbitnya.

 Judul              :  مدخل إلى الأدب التفاعلي

Pengarang       : Dr. Fatima Al-Bariki

ISBN               : 9953-68-126-0

Ukuran                        : 17 * 24

Halaman         : 208

Tahun terbit    : 2006 فى المركز الثقافي العربي

 

(Novel interaktif) adalah genre sastra yang lahir dalam rahim teknologi kontemporer. Istilah novel interaktif adalah padanan bahasa Arab yang dipilih dalam buku ini untuk istilah Novel Interaktif.  Perlu disebutkan bahwa ada istilah asing lain yang mengungkapkan genre sastra elektronik yang sama yang menyajikan seni naratif dengan memanfaatkan data teknologi modern, yaitu istilah (Hyperfiction), yang konotasinya berbeda dengan istilah (Novel Interaktif). Tentang genre Standarisasi terminologi yang digunakan dalam buku ini.  Genre sastra baru ini tersebar luas di kalangan sastra elektronik, dan menjadi tren yang terkenal, terutama di Barat, sekitar pertengahan tahun delapan puluhan abad yang lalu, ketika beberapa novelnya diterbitkan, yang paling terkenal adalah karya Michael Joyce. novel berjudul (Afternoon, a Story - Afternoon) sebuah cerita), yang dianggap sebagai salah satu karya klasiknya.

Definisi novel interaktif.

Novel visual atau juga sering disebut dengan sound novel adalah sebuah jenis permainan interaksi fiksi. Yang dapat dimainkan di computer pribadi. Permainan ini berbasis fiksi interaktif yang menampilkan cerita novel dalam bentuk gambar-gambar statis (gambar yang dibentuk dengan gaya anime). Serta dilengkapi dengan kotak percakapan untuk menyampaikan narasi dan ucapan setiap karakter dan terkadang setiap karakter itu memiliki efek suara sehingga setiap karakter yang ada dalam novel visual itu seolah-olah hidup dan dapat berbicara. Saat ini Masyarakat indonesa masih belum banyak yang mengetahui tentang novel visual dan mereka menyebutnya sebagai inovasi baru dalam dunia perkomikan meskipun di jepang sudah 10 tahun lebih game seperti ini hadir bahkan dijepang banyak sekali Masyarakat yang berminat membuat novel visual ini sampai-sampai membuat komunitas kecil untuk membuat visual novel serta memperoleh keeuntungan yang cukup besar dari penjualan mereka di comiket

 Sedangkan menurut buku yang saya review Novel interaktif dapat didefinisikan sebagai: suatu gaya seni naratif di mana pengarangnya menggunakan ciri-ciri yang diberikan oleh teknik teks bercabang, yang memungkinkan adanya hubungan antar teks, baik teks tertulis, gambar diam atau bergerak, suara hidup atau musik, grafik animasi. bentuk, atau peta. Atau ilustrasi, atau tabel, atau apa pun, dengan menggunakan tautan yang selalu berwarna biru, dan mengarah pada apa yang dapat dianggap sebagai catatan kaki pada teks atau pada apa yang berhubungan dengan topik itu sendiri, atau apa yang dapat memberikan pencerahan atau Selain pemahaman teks dengan mengandalkan tautan tersebut.

 Novel interaktif bergantung pada pemecahan pola linier yang lazim terjadi pada novel tradisional, yaitu novel yang disajikan di atas media kertas, yang penciptanya sering kali mengikuti rencana perjalanan yang jelas, diikuti oleh pembaca yang tidak berusaha melanggarnya. baris, kalau tidak, dia meninggalkan novel tanpa hasil, dan tanpa pemahaman.Sebagian dari itu, dan itu hanya karena struktur novel memaksakan padanya cara tertentu untuk memanen buahnya, dan ketika dia melanggar metode itu, dia meninggalkan novel Tanpa buah.

 

Sastra digital salah satunya yang saya temukan di sini ialah tentang cerpen nama penulisnya ialah  iwan simatupang di majalah sastra, 1/7/1961 cerpennya yang berjudul tunggu aku di pojok jalan itu

Dulu, karya-karya sastra di Timur Tengah terkungkung dan secara geografis dilarang beredar hingga pada akhirnya karya itu dapat muncul di internet. Hal tersebut dianggap sebagai awal dari evolusi dunia sastra Arab. Sementara itu beberapa orang berargumen bahwa internet malah melemahkan bahasa Arab itu sendiri. Yang lain mengatakan bahwa internet dapat membuat sastra Arab mencapai atau meraih audien dengan jangkauan yang lebih luas dan banyak. Salah satu dampak dari cybersastra itu adalah fenomena Raja Al Sana, yang menerbitkan buku Girls of Riyadh. Ruang cyber sebagai salah satu forum berekspresi, mobilisasi, dan organisasi jaringan politik dan sosial alternatif telah menjadi ciri pembeda utama era globalisasi sejak tahun 90-an. Ruang cyber sebagai forum itu juga membuat jalan lebih lapang bagi dunia sastra Arab. Pada tahun 2008, Dar al-Shorouq, sebuah penerbitan di Mesir, menerbitkan tiga cerita pendek mengenai tiga wanita blogger. Mereka adalah Ghada 'Abd al-'Aal, Rihab Bassam dan Ghada Mohamed Mahmoud. Blog menjadi salah satu cara untuk menyalurkan ekspresi mereka lewat ruang cyber. Elsadda (2010: 312-332) mengatakan bahwa dunia cyber, khususnya blog sastra serta aktivitas blogging di kalangan anak muda Arab, telah menciptakan ruang publik sastra baru. Hal ini membongkar monopoli ruang aliran utama sastra dan mengubah cita rasanya. Selanjutnya ditegaskan bahwa dunia internet juga membantu dan meningkatkan partisipasi wanita dalam dunia sastra Arab.

            Temukan informasi selain topik-topik di atas atau informasi baru dari artikel atau book chapter. Nvel (sunrise (69)) merupakan sebuah karya novelis amerika yang ditulis oleh Robert arlano yang di kenal dengan robby rapid, yang dianggap sebagai novel pertama yang muncul setelah novel pertama. Penulis juga menceritakan tentang pengalamannya dalam menulis novel, baik secara kertas maupun melalui elektronik, cara menyampaikannya juga penuh dengan ide yang jelas bagi pembaca walaupun kategorinya baru saja disajikannya. 

*** 



Leave a Comment