| 0 Comments | 78 Views
MINGGU, 3 Oktober 2021. Nora Saiva Jannana menjadi narasumber
Webinar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen
Pendidikan Islam IAIN Palangka Raya, dengan materi "Tema dan Metode
Penelitian MPI". Kegiatan tersebut, diikuti oleh mahasiswa prodi Manajemen
Pendidikan Islam, seluruh jenjang semester. Namun, kegiatan ini lebih
dikhususkan bagi mahasiswa yang akan melakukan persiapan menulis tugas akhir
kuliah atau skripsinya.
Menulis karya ilmiah merupakan sebuah keharusan untuk mahasiswa.
Untuk melatih keterampilan menulis karya ilmiah, dibutuhkan latihan terus
menerus. Penulisan karya ilmiah, khususnya tugas akhir mahasiswa, diarahkan
untuk mengasah keterampilan analisis, critical thingking dan problem solving
mahasiswa. Hal itu dilakukan melalui proses penelitian.
Penelitian mahasiswa diawali dengan penentuan permasalahan yang
akan digali atau diteliti. Guna melakukan penelitian, mahasiswa perlu memahami
cara penelitian yang tepat. Hal itulah yang dinamakan metode penelitian. Metode
penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data sesuai tujuan dan
kegunaan tertentu. Cara ilmiah yang dimaksud adalah yang rasional, empiris, dan
sistematis (Sugiyono, 2020). Sesuai KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional
Indonesia), pendidikan jenjang sarjana masuk dalam level 6. Pada level
tersebut, mahasiswa diminta mampu mengaplikasikan IPTEKS yang sudah ada dan
memanfaatkannya melalui pembuktian. Demikian menjadi penting untuk mencapai level
tersebut, mahasiswa perlu belajar melakukan penelitian.
Prosedur penelitian menurut Creswell (2012), terdiri dari beberapa
tahap. Pertama, calon peneliti perlu mengetahui masalah penelitian. Dengan
mengetahui masalah penelitian, maka dapat ditentukan literatur reviewnya untuk dikembangkan
menjadi pertanyaan penelitian. Selanjutnya, calon peneliti perlu menentukan
arah metodenya, apakah kuantitatif atau kualitatif atau keduanya. Calon
peneliti akan menemukan desain penelitian yang digunakan. Berdasarkan desain
tersebut, akan diketahui cara pengambilan data hingga analisisnya. Setelah itu,
calon peneliti akan dapat menuliskan result, melakukan diskusi, dan menentukan
simpulan. Implikasi dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui setelah proses
diskusi dan simpulan diberikan. Berdasarkan simpulan serta implikasinya, calon
peneliti dapat merekomendasikan penelitian-penelitian selanjutnya guna
melengkapi penelitian yang telah dilakukan.
Tips untuk memilih metode penelitian yang tepat adalah (1)
Tentukan permasalahan penelitian; (2) Tentukan pendekatan penelitian; (3)
Tentukan tujuan penelitian. Kenalilah potensi yang kita miliki untuk melakukan
penelitian.
Berkaitan dengan tema penelitian di bidang Manajemen Pendidikan Islam, dapat dilihat dari ruang lingkup manajemen pendidikan. Ruang lingkup manajemen pendidikan islam sangatlah luas. Untuk mencapai tujuan pendidikan diperlukan berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan pencapaiannya. Pada gambar 1., dapat dilihat berbagai hal yang membangun pencapaian tujuan pendidikan. Tema-tema itulah yang menjadi paying besar penelitian manajemen pendidikan islam. Mahasiswa MPI dapat mengembangkannya dengan melakukan inovasi dari masing-masing sub bagian manajemen pendidikan. Contoh implementasi tema manajemen pendidikan untuk penelitian antara lain: Sistem informasi manajemen, komunikasi dan marketing pendidikan islam; Perilaku, budaya, dan mutu organisasi pendidikan; Kepemimpinan dan SDM Pendidikan; Kebijakan kurikulum pendidikan islam; Penggunaan e-office; Manajemen e-library; Strategi pemasaran sekolah di masa pendemi; dan lain sebagainya.
Gambar 1. Ruang lingkup Manajemen Pendidikan
Leave a Comment