| 0 Comments | 78 Views

Card Image

Dokumentasi Webinar Online

MINGGU, 3 Oktober 2021. Nora Saiva Jannana menjadi narasumber Webinar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Palangka Raya, dengan materi "Tema dan Metode Penelitian MPI". Kegiatan tersebut, diikuti oleh mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam, seluruh jenjang semester. Namun, kegiatan ini lebih dikhususkan bagi mahasiswa yang akan melakukan persiapan menulis tugas akhir kuliah atau skripsinya.

Menulis karya ilmiah merupakan sebuah keharusan untuk mahasiswa. Untuk melatih keterampilan menulis karya ilmiah, dibutuhkan latihan terus menerus. Penulisan karya ilmiah, khususnya tugas akhir mahasiswa, diarahkan untuk mengasah keterampilan analisis, critical thingking dan problem solving mahasiswa. Hal itu dilakukan melalui proses penelitian. 

Penelitian mahasiswa diawali dengan penentuan permasalahan yang akan digali atau diteliti. Guna melakukan penelitian, mahasiswa perlu memahami cara penelitian yang tepat. Hal itulah yang dinamakan metode penelitian. Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data sesuai tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah yang dimaksud adalah yang rasional, empiris, dan sistematis (Sugiyono, 2020). Sesuai KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), pendidikan jenjang sarjana masuk dalam level 6. Pada level tersebut, mahasiswa diminta mampu mengaplikasikan IPTEKS yang sudah ada dan memanfaatkannya melalui pembuktian. Demikian menjadi penting untuk mencapai level tersebut, mahasiswa perlu belajar melakukan penelitian.

Prosedur penelitian menurut Creswell (2012), terdiri dari beberapa tahap. Pertama, calon peneliti perlu mengetahui masalah penelitian. Dengan mengetahui masalah penelitian, maka dapat ditentukan literatur reviewnya untuk dikembangkan menjadi pertanyaan penelitian. Selanjutnya, calon peneliti perlu menentukan arah metodenya, apakah kuantitatif atau kualitatif atau keduanya. Calon peneliti akan menemukan desain penelitian yang digunakan. Berdasarkan desain tersebut, akan diketahui cara pengambilan data hingga analisisnya. Setelah itu, calon peneliti akan dapat menuliskan result, melakukan diskusi, dan menentukan simpulan. Implikasi dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui setelah proses diskusi dan simpulan diberikan. Berdasarkan simpulan serta implikasinya, calon peneliti dapat merekomendasikan penelitian-penelitian selanjutnya guna melengkapi penelitian yang telah dilakukan.

Tips untuk memilih metode penelitian yang tepat adalah (1) Tentukan permasalahan penelitian; (2) Tentukan pendekatan penelitian; (3) Tentukan tujuan penelitian. Kenalilah potensi yang kita miliki untuk melakukan penelitian.

Berkaitan dengan tema penelitian di bidang Manajemen Pendidikan Islam, dapat dilihat dari ruang lingkup manajemen pendidikan. Ruang lingkup manajemen pendidikan islam sangatlah luas. Untuk mencapai tujuan pendidikan diperlukan berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan pencapaiannya. Pada gambar 1., dapat dilihat berbagai hal yang membangun pencapaian tujuan pendidikan. Tema-tema itulah yang menjadi paying besar penelitian manajemen pendidikan islam. Mahasiswa MPI dapat mengembangkannya dengan melakukan inovasi dari masing-masing sub bagian manajemen pendidikan. Contoh implementasi tema manajemen pendidikan untuk penelitian antara lain: Sistem informasi manajemen, komunikasi dan marketing pendidikan islam; Perilaku, budaya, dan mutu organisasi pendidikan; Kepemimpinan dan SDM Pendidikan; Kebijakan kurikulum pendidikan islam; Penggunaan e-office; Manajemen e-library; Strategi pemasaran sekolah di masa pendemi; dan lain sebagainya.

                                                   

Gambar 1. Ruang lingkup Manajemen Pendidikan

 


Leave a Comment