| 0 Comments | 17 Views
Mishra, P. (2019): Considering Contextual Knowledge: The TPACK Diagram Gets an Upgrade. Journal of Digital Learning in Teacher Education. DOI: https://doi.org/10.1080/21532974.2019.1588611 Picture reproduced with permission
Teknologi telah mengubah cara kita mengajar dan belajar, membuat integrasi antara teknologi, pedagogi, dan konten semakin penting dalam pendidikan. Teori TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) adalah kerangka pemikiran yang menjelaskan bagaimana guru dapat mengintegrasikan ketiga aspek ini dalam pengajaran mereka. Dalam esai ini, kita akan menelusuri evolusi teori TPACK secara kronologis dan melihat bagaimana konsep ini telah membantu membentuk praktik terbaik dalam pendidikan di era digital.
Evolusi TPACK dimulai pada tahun 1986, ketika Lee Shulman memperkenalkan konsep PCK (Pedagogical Content Knowledge). PCK mencakup pengetahuan tentang konten, strategi pengajaran, dan cara menghubungkan konten dengan strategi pengajaran yang sesuai. Konsep ini menjadi landasan bagi pemikiran tentang bagaimana guru mengajarkan konten tertentu secara efektif.
Pada awal 2000-an, Punya Mishra dan Matthew J. Koehler mengakui pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan dan pengajaran, sehingga memperkenalkan konsep TPACK pada tahun 2006 sebagai pengembangan dari konsep PCK. TPACK mencakup tiga domain pengetahuan, yaitu Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Technological Knowledge (TK). Konsep ini menekankan pentingnya mengintegrasikan ketiga domain pengetahuan tersebut dalam pengajaran yang efektif.
Sejak diperkenalkan pada tahun 2006, kerangka TPACK telah berkembang dan menjadi semakin populer di kalangan peneliti dan praktisi pendidikan. TPACK terdiri dari tujuh komponen yang mencakup berbagai kombinasi pengetahuan tentang konten, pedagogi, dan teknologi. Banyak peneliti dan praktisi pendidikan telah mengadopsi kerangka ini untuk mengembangkan, menguji, dan mengimplementasikan strategi pengajaran yang efektif yang mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten.
Dalam kesimpulan, TPACK telah mengalami evolusi penting sejak diperkenalkannya konsep PCK pada tahun 1986 hingga pengenalan dan perkembangan konsep TPACK pada awal 2000-an. Konsep ini telah membantu menginformasikan praktik terbaik dalam pendidikan di era digital, memungkinkan guru untuk mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten dalam pengajaran mereka secara efektif. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip TPACK, pendidik dapat terus mengembangkan strategi pengajaran yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa di abad ke-21.
Leave a Comment