Thoriq Tri Prabowo, M.IP. adalah dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Thoriq lahir di Temanggung, Jawa Tengah pada tahun 1993. Ia menyelesaikan studinya jenjang strata satu (S-1) dan strata dua (S-2) pada bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Minat penelitiannya ialah kajian informasi dan media. Ia tercatat menjadi dosen di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sejak tahun 2018, setelah sebelumnya menjadi pustakawan di STIKes Guna Bangsa (2015); jurnalis lepas Disdikpora DIY (2015); dan pengelola Resource Center Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2015-2018).

Thoriq memiliki beberapa karya tulis dalam berbagai bentuk publikasi, mulai dari buku, antologi buku, artikel jurnal, prosiding dan ratusan artikel media massa. Karya terbarunya berbentuk buku dengan judul Memperebutkan Ruang Publik Virtual: Literasi, Hoax, dan Perdamaian, diterbitkan oleh Zahir Publishing (2020). Beberapa karyanya yang berbentuk antologi buku antara lain: Ensiklopedia UIN Sunan Kalijaga (kontributor) diterbitkan oleh SukaPress (2020); Islam dalam Goresan Pena Budaya, diterbitkan oleh Diva Press (2019); Tokoh-tokoh Muslim Indonesia Kontemporer, diterbitkan oleh Idea Press (2019); dan Bangga Menjadi Pustakawan, diterbitkan oleh Ladang Kata (2015).

Kemudian, beberapa jurnal ilmiah bidang Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi (Pusdokinfo) dan Arsip yang pernah menerbitkan tulisannya antara lain: Media Pustakawan (Perpusnas RI), Visi Pustaka (Perpusnas RI), Media Informasi (UGM), Khazanah (UGM), Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan (UNPAD), Khizanah al-Hikmah (UIN Alauddin Makassar) dan Fihris (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Selanjutnya, sudah terdapat ratusan artikel opini media massa yang Thoriq tulis. Adapun beberapa media massa yang sudah menerbitkan tulisannya antara lain: Media Indonesia, Republika, Koran Sindo, Times Indonesia, Kedaulatan Rakyat, Harian Jogja, Harian Bernas, Radar Jogja, Tribun Jogja, Tribun Jateng, Koran Wawasan, Bali Post, Medcom.id, Jalan Damai dan lainnya.

Thoriq juga aktif mengikuti forum ilmiah. Ia beberapa kali mempresentasikan makalahnya pada konferensi internasional, antara lain: 1st A-ICONICS di Yogyakarta, Indonesia (2019), pada event ini Thoriq mendapatkan penghargaan best paper; 17th CONSAL di Naypyidaw, Myanmar (2018); 5th ICoASL di Yogyakarta, Indonesia (2017); dan 16th CONSAL di Bangkok, Thailand (2015).

Saat ini, Thoriq tercatat sebagai salah satu anggota mitra bestari Jurnal Tadwin (UIN Raden Fatah Palembang). Ia juga merupakan tim ahli ISIPII (Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia) periode 2020-2024.

Thoriq sudah beberapa kali diundang untuk menjadi narasumber dalam beberapa acara diskusi ilmiah, pelatihan kepenulisan dan penelitian dalam bidang Pusdokinfo. Untuk keperluan diskusi dan kerja sama, Thoriq bisa dihubungi melalui email: toriq.prabowo@uin-suka.ac.id. Informasi lebih lengkap tentang Thoriq, sila kunjungi laman profil dosen UIN Sunan Kalijaga.


Kanal Publikasi:

SCOPUS ID Google Scholar | SINTA ID ORCID ID Publons Research Gate | Academia


Media Sosial:

LinkedInFacebook Twitter Instagram