| 0 Comments | 61 Views
Sudah kita maklumi bersama, bahwa mengajar bukanlah persoalan yang mudah, bukan semata persoalan menceritakan, mentransfer informasi atau pengetahuan dari guru ke siswa. Begitu juga dengan belajar, bukanlah konsekwensi otomatis dari penuangan informasi ke dalam benak pikiran siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Belajar bahasa merupakan usaha yang tidak gampang dan kadang menjenuhkan, bahkan kadang kala membuat orang frustasi. Hal itu disebabkan karena belajar bahasa merupakan upaya untuk membangun kebiasaan baru dalam diri seseorang untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan pemilik bahasa tersebut. Kebiasaan baru tersebut adakalanya berbeda
sama sekali dengan kondisi bahasa Ibu, baik dalam tataran sistem Fonologi, Marfologi, Sintaksis maupun Semantiknya, dan adakalanya memiliki kemiripan dengan kondisi bahasa ibunya. Sehingga muncul berbagai persoalan, baik yang terkait dengan proses pembelajaran di kelas maupun diluar kelas. Adapun persoalan tersebut adalah bagaimana menentukan pendekatan, metode, strategi, materi, dan media, serta bagaimana pula cara mengevaluasi hasil pembelajaran tersebut. Apapun persoalan yang muncul, sebagai seorang guru atau siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran harus berusaha memahami dan mencari solusinya, sehingga proses belajar bahasa Arab akan tetap berjalan dengan baik, efektif, dan efesien sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
Bolalion
Bolamacan
Briobola
Momobola
Adirabet
Bolabesar
Papibola
Bolaturbo
Ninobola
Cacabola
Salah
satu solusi yang mungkin dapat dilakukan untuk memecahkan
persoalan tersebut dengan cara “Memahami Konsep Dasar
Pembelajaran Bahasa Arab”.
Memahami sejarah bahasa Arab dan karakteristiknya
merupakan langkah awal untuk mempersempit ruang persoalan yang yang muncul ketika belajar atau mengajar bahasa
Arab. Dari sinilah kita akan mengetahu dan memahami asalusul bahasa dan perkembangan bahasa Arab, serta bagaimana karakter bahasa ini. Pemahaman tersebut perlu kiranya
didukung dengan memahami beberapa aliran teori tentang
bahasa, seperti; aliran Struktural, aliran Generatif Transformatif, dan teori pembelajaran seperti; aliran Behaviourism, Aliran
Cognitivism, Aliran Constructivism. Dengan memahami hal tersebut, kita akan dapat menentukan pendekatan, metode, dan
strategi apa yang akan kita gunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Arab
Leave a Comment