| 0 Comments | 145 Views

Card Image


Bahagia? Kuncinya mudah, jangan biarkan kebahagiaanmu tergantung pada SIKAP orang lain, padamu.

 

Kenapa? Jawabnya sederhana, karena jika kebahagiaanmu tergantung pada sikap orang lain padamu, maka kau akan sulit Bahagia. Bayangkan jika bahagiamu tergantung pada “sikap orang yang kau sayang, padamu.” Apakah setiap hari kau akan menunggu dia menyapamu, mengajakmu makan atau sekedar hangout cari kopi di luar, memperhatikanmu, untuk bisa Bahagia? Lalu bagaimana jika ternyata dia tidak melakukannya? Apa kemudian kau tidak Bahagia?

 

Kenapa tidak dibalik saja, bahagiamu adalah ketika kau bisa memperhatikan orang yang kau sayang? Menyapanya dengan kata-kata yang menyejukkan, mengajaknya sekedar refreshing, memanjakannya? Kalau seperti ini maka kau bisa Bahagia setiap waktu. Kau bisa Bahagia setiap saat tanpa tergantung pada sikap siapapun.

 

Bayangkan jika bahagiamu tergantung pada “sikap pimpinanmu, guru/dosen, atau temanmu, padamu.” Apakah setiap hari kau akan menunggu mereka memberimu hadiyah, mengajakmu bicara atau sekedar menyapa hangat, selalu menghargai dan memuji setiap pekerjaan yang kau telah lakukan dengan Lelah, memberimu apresiasi atas capaian-capaian atau kesuksesanmu? Lalu bagaimana jika ternyata mereka tidak melakukannya atau bahkan menunjukkna hal sebaliknya? Bagaimana jika ternyata mereka bahkan tidak memperdulikanmu, tidak pernah memberimu hadiyah atau apresiasi apapun, bahkan mungkin seakan menganggapmu tidak ada. Apa kemudian kau tidak Bahagia? Apa kau akan memaksa mereka mengikuti keinginanmu agar kau bisa Bahagia? That is an impossible dream that will never come true, temans…

 

Kenapa tidak dibalik saja, bahagiamu adalah ketika kau bisa memberi hadiyah pada orang sekelilingmu, ketika kau bisa menyapa mereka dengan hangat dan memberikan hadiyah-hadiyah kecil sebagai bentuk perhatianmu yang besar, mengapresiasi hal-hal kecil bahkan yang biasa dilakukan, mengucapkan terima kasih karena telah menjadi pimpinan, guru/dosen dan teman yang membuatmu berarti, menciptakan atmosfir kebahagiaan, di sekitarmu. Kalau seperti ini maka kau bisa Bahagia setiap waktu. Kau bisa Bahagia setiap saat tanpa tergantung pada sikap siapapun, tapi tergantung pada sikapmu sendiri. Jangan harap kita bisa selalu mengontrol sikap semua orang terhadap kita, that is an impossible dream that you will never hold, karena yang bisa kita control adalah sikap kita sendiri.

 

Jadi, Bahagia itu mudah dan sederhana kan?

Inilah arti doa kita setiap saat, Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah….Amin.

 

To be continued….

By Inayah Rohmaniyah, Desember 17, 2021

 


Leave a Comment