| 0 Comments | 493 Views

Mata kuliah Semantik Al-Qur’an merupakan mata kuliah wajib pada mahasiswa-mahasiswi Program S1 Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam pada semester ke-4. Materi kuliah mencakup kajian terhadap metode semantik dan semantik Al-Qur’an dan penerapannya dalam memahami kosa kata-kosa kata penting Al-Qur’an. Mata kuliah ini akan ditopang oleh tiga buku teks utama. Dua teks pertama adalah Relasi Tuhan dan Manusia dan Konsep-konsep Etika Religious dalam Al-Qur’an karangan Toshihiko Izutsu dan teks ketiga adalah Menyingkap Jati Diri Al-Qur’an karangan Fadhli Lukman. Dua teks pertama dipilih karena buku tersebut adalah karya yang sangat berpengaruh dalam penerapan pendekatan semantik terhadap Al-Qur’an dan, karenanya, merupakan rujukan yang sangat representatif untuk mata kuliah ini. Teks ketiga merupakan teks yang lebih sederhana yang bisa mengurai hal-hal rumit yang dijelaskan dalam teks pertama. 

Pada prinsipnya kuliah dirancang untuk membantu mahasiswa-mahasiswi memiliki budaya berpikir ilmiah yang kritis, rasional, obyektif, dan terbuka terhadap perbedaan pendapat tanpa harus menegasikan keyakinan yang bersifat teologis. Selama masa perkuliahan, mahasiswa akan didorong untuk memahami, menjelaskan, dan menuliskan tema-tema relevan dengan mata kuliah semantik Al-Qur’an.

 

Semester Pendek

Dalam skema semester pendek ini, mahasiswa ditugaskan untuk membuat publikasi esai populer di media online, dengan ketentuan sebagai berikut:

1.     Esai ditulis secara individual 

2.     Tema esai harus sesuai dengan mata kuliah. Panduan mengenai tema akan dijelaskan di bawah.

3.     Publikasi yang diterima adalah di media yang memiliki informasi keredaksian yang jelas dan mekanisme penerbitan melewati redaktur. Media-media yang memiliki fitur publikasi mandiri seperti kompasiana atau blog pribadi tidak diterima.

4.     Mahasiswa dianjurkan untuk mengonsultasikan naskah esainya, baik di tahap persiapan hingga pengiriman ke media yang dituju. 

5.     Dosen melakukan pemeriksaan kualitas esai yang terbit. Jika esai terkait dinilai tidak layak, Dosen akan meminta media terkait untuk mencabut esainya. Jika Media terkait tidak bisa memenuhi permintaan Dosen, Dosen berhak untuk menolaknya dalam penilaian perkuliahan.

6.     Tenggat waktu pelaporan esai online adalah di hari ujian mata kuliah.

 

Subsansi Esai

Tulislah esai dengan panduan poin-poin berikut ini. Anda boleh fokus pada satu poin saja, atau mengombinasikan beberapa poin selama bisa ditampilkan dalam kesatuan esai yang koheren.

a.     Pengertian ilmu Semantik Al-Qur’an dalam pandangan Toshihiko Izutsu

b.     Konsep makna dasar dan relasional dalam pandangan Toshihiko Izutsu

c.     Struktur dasar Weltanschauung Al-Qur’an dalam pandangan Toshihiko Izutsu

d.     Penjelasan semantik atas konsep wahyu dalam pandangan Toshihiko Izutsu

e.     Penjelasan semantik atas konsep jahiliyah dalam pandangan Toshihiko Izutsu

f.      Pilihlah salah satu kata secara acak dalam Al-Qur’an, lalu lakukan analisis atas kata tersebut secara semantik. Jadikan Mufradāt Gharīb al-Qur’an karya al-Rāghib al-Asfihāni dan Islāḥ al-Wujūh wa al-Naẓāʾir fī al-Qurʾān karya al-Ḥusain ibn Muḥammad al-Dāmaghānī sebagai rujukan utamanya. Anda boleh memperkaya dengan rujukan lain, tapi kedua rujukan ini tidak boleh ditinggalkan.

g.     Apa kontribusi semantik dalam penafsiran Al-Qur’an?


Leave a Comment